CONTOH DIAGRAM SEQUENSE LANGKAH PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN BUKU DI PERPUSTAKAAN
- Langkah pertama yaitu Petugas perpus melakukan login untuk dapat mengakses aplikasi tersebut, kemudian petugas masuk ke halaman pertama aplikasi tersebut.
- Pada form pendaftaran ini petugas akan mengentrikan data calon anggota yang ingin mendaftar. Jika proses selesai maka calon anggota tersebut resmi menjadi anggota dan mendapatkan kartu anggota yang harus dibawanya baik ketika melakukan transaksi peminjaman maupun pengembalian.
- Selanjutnya, pada form peminjaman petugas mengentrikan data buku yang akan dipinjam, lamanya peminjaman sesuai dengan kategori buku yang dipinjamnya dan data peminjam (Dalam aplikasi dapat dimasukan Id_anggotanya). Jika transaksi selesai maka akan menghasilkan output berupa data transaksi saat itu (Report) untuk memudahkan petugas dalam pengecekkan transaksi dari setiap anggotanya. Namun jika yang ingin meminjam bukanlah anggota, maka orang tersebut tidak diperbolehkan meminjam dan harus mendaftar terlebih dahulu.
- Pada form pengembalian, anggota yang akan mengembalikan buku harus menyerahkan kartu anggotanya, kemudian petugas akan mengecek transaksi terakhir anggota tersebut. Petugas akan memeriksa data buku yang dipinjam, dan lama pinjamannya. Jika transaksi selesai maka akan menghasilkan output berupa data transaksi saat itu. Namun jika anggota terlambat melakukan pengembalian maka anggota tersebut harus membayar denda sesuai dengan aturan yang telah dibuat.
LOGIKA DIAGRAM
SEQUENCE :
• Sequence diagram adalah visual coding (
perancangan form/layar)
• Interaksi object yang tersusun dalam
suatu urutan waktu/kejadian
• Diagram ini secara khusus berasosiasi
dengan use case diagram
• Memperlihatkan tahap demi tahap apa yang
seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu didalam use case
• Sequence diagram dapat merubah atribut
atau methode pada class yang telah dibentuk oleh class diagram. Bahkan
menciptakan sebuah class baru
• Sequence diagram memodelkan aliran
logika dalam sebuah system dalam cara yang visual
• Biasanya digunakan untuk tujuan analisa
dan desain
• Mefokuskan pada identifikasi method
didalam sebuah system
• Sequence diagram biasanya dipakai untuk
memodelkan :
• Deskripsi tentang system yang ada pada
sebuah/beberapa use case pada use case diagram, yang menggambarkan hubungan
antara actor dan use case
• Logika dari method (operation, function
atau procedure)
• Logika dari services ( high level method)
Boxes - Sequence
Diagram
a. Sebuah kotak yang tampil pada posisi
paling atas diagram, yang mewakili object, use case, class dan actor
b. Penamaan pada use case atau actor harus
konsisten dengan use case diagram, demikian juga dengan class harus konsisten
dengan class diagram
c. Nama actor dapat sama dengan nama class,
tapi mempunyai arti yang berbeda
Komentar
Posting Komentar