Tugas Penulisan TOU 2# "Cara berkomunikasi dengan baik".


NAMA : ERIKA PRADITA
NPM     : 13114606
KELAS : 2KA23



                 Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Komunikasi  merupakan  proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah.

                Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Alasan mendasar bahwa setiap manusia melakukan komunikasi dengan mahluk lainnya yaitu manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri/ mahluk yang selalu hidup bermasyarakat. Sebagai mahluk sosial manusia selalu membutuhkan orang lain untuk melakukan banyak hal dalam hidupnya.

Komunikasi akan berjalan apabila adanya     :
·         Rangsangan/keinginan untuk melakukan komunikasi
·         Adanya respon atau reaksi
·         Informasi yang didapatkan tersampaikan dengan jelas dan jawaban yang diterima juga demikian.

Pada dasarnya komunikasi dilakukan untuk menciptakan hubungan antara manusia dan suatu kelompok. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan komunikasi yang baik, karena dengan berkomunikasi dengan baik sangat penting dalam berkomunikasi.

Berikut cara berkomunikasi yang baik menurut saya         :
1. Bertatapan dengan lawan bicara
Dengan berbicara secara bertatapan wajah, hal ini membuktikan bahwa kita konsentrasi  dan focus pada lawan bicara/ komunikasi kita.
2. Memperhatikan lawan bicara
Nah terkadang Memperhatikan apa yang diungkapkan oleh lawan bicara kita sangat penting dan menambah nilai plus untuk diri kita, karena lawan bicara kita mungkin saja akan menganggap bahwa apa yang disampaikannya itu bisa dihargai dan diterima dengan baik sehingga bisa membuatnya senang.
3. Rileks
Dengan rileks membuat komunikasi dengan lawan bicara lebih santai dan membuat nyaman, ini akan meminilisasir kebosanan.

4. jangan melontarkan kata kasar dengan lawan bicara
“Mulutmu harimaumu” pepatah lama. Berbicara kasar membuat lawan komunikasi menjadi tak nyaman dan merasa terancam. Hindari kata kasar dalam berkomunikasi.

5. Hindari membahas topik yang itu-itu saja dalam jangka waktu yang panjang
Dengan membahas topik yang sama dalam jangka waktu yang panjang membuat lawan bicara bosan dan jenuh.

6. Jangan memotong pembicaraan lawan bicara
Salah satu prilaku yang tidak sopan salah satunya memotong pembicaraan lawan bicara, tentu akan menimbulkan rasa kesal dan marah terlebih lagi jika yang diungkapkannya itu hal yang sangat penting. Bukan lawan bicara saja yang merasa kesal dan marah, kitapun akan merasakan hal yang sama dengan sikap refleks paling tidak ingin menghajarnya dan timbullah perselisihan.

                Demikian beberapa tips cara berkomunikasi yang baik menurut saya. Komunikasi yang baik menghasilkan komunikasi yang menarik dan berkualitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUJIAN BERORIENTASI OBYEK

Contoh soal Akuntansi Perusahaan Dagang beserta jawabannya

Soal Latihan Subject Verb Agreement