MAKALAH : Fungsi dan Peran Bahasa Indonesia






Disusun Oleh:
Bagaskara Ramadhan (11114978)
Erika Pradita (13114606)
Muhammad Zaid Billah (17114599)



JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA DEPOK
2016/2017





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb
            Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan hidayahnya-lah sehingga kelompok Kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Tak lupa pula Kami ucapkan salam dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena beliaulah yang telah menghantarkan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh berkah.
            Makalah kami susun untuk memenuhi tugas kelompok Bahasa Indonesia dan diharapkan pembaca dapat memahami dan memperluas ilmu tentang “Fungsi dan Peran Bahasa Indonesia”,  yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.  Maka dari itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu.  Khususnya kepada dosen Bahasa Indonesia yaitu Ibu Dian Sri Mulyani, SIKOM. Yang telah membimbing Kami dalam penulisan Makalah.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami Penyusun mohon saran dan kritiknya . Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Depok, 26 September 2016

Penulis,
Kelompok 1




DAFTAR ISI

Halaman sampul depan................................................................................  
Kata pengantar..............................................................................................
Daftar isi.......................................................................................................

BAB  I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang.......................................................................................
1.2 Rumusan masalah.................................................................................
1.3 Tujuan Penulisan……...........................................................................  

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Peran Bahasa Indonesia.......................................................................
2.2 Fungsi Bahasa Indonesia.......................................................................
2.3 Kedudukan Bahasa Indonesia...............................................................

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.........................................................................................
3.2 Saran.....................................................................................................
Daftar pustaka...............................................................................................






BAB I 
  PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bahasa memang sangat penting digunakan. Karena bahasa merupakan simbol yang dihasilkan menjadi alat ucap yang biasa  digunakan oleh sesama masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari hampir semua aktifitas kita menggunakan bahasa. Baik menggunakan bahasa secara lisan  maupun secara tulisan dan bahasa tubuh. Bahkan saat tidur pun tanpa sadar kita menggunakan bahasa. Berdiri sebagai lambang kebanggaan dan sebagai lambang identitas dari bangsa.
Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal yang bersifat arbitrer.
Bahasa ialah alat komunikasi antar manusia. Karena dengan bahasa orang bisa berinteraksi dengan sesamanya dan bahasa merupakan sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat.
Bahasa juga dapat diartikan sebuah simbol atau lambang bunyi yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara individu. Oleh karena itu pentingnya peranan bahasa dalam kehidupan bermasyarakat. Seiring perkembangannya bahasa terus berkembang dan beradaptasi dengan lingkungan dibawaah arus prerkembangan pemakasian bahasa di era globalisasi. Di lingkup kecil dan keluarga masyarakat kita menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi dan pada lingkup yang luas dan bersifat resmi digunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
Bahasa Indonesia ialah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945,Pasal 36. Ia juga merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia sebagaimana disebut dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.Bahasa Indonesia berdiri sebagai lambang kebanggaan dan sebagai lambang identitas diri dari bangsa kita.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa Peran Bahasa Indonesia?
2.      Apa Fungsi Bahasa Indonesia?
1.3  Tujuan Penelitian
1.      Mahasiswa dapat mengetahui peran bahasa Indonesia
2.      Mahasiswa dapat mengetahui fungsi bahasa Indonesia



BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Peran Bahasa Indonesia
Peranan Bahasa Indonesia sebagai alat menyerap dan mengungkapkan hasil pemikiran. Menurut Walija “Bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, tujuan, perasaan dan pendapat kepada orang lain.”
Setiap negara pasti mempunyai masing-masing bahasa , begitupun di Negara Indonesia. Indonesia memiliki bahasanya sendiri yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa dapat mempersatukan suatu Negara. Bahasa tersebut mempunyai banyak fungsi, salah satunya sebagai alat komunikasi. Maksudnya adalah setiap orang bisa mengungkapkan hasil pemikirannya melalui bahasa itu sendiri. Mereka bebas berbicara dan bebas mengeluarkan pendapat selama bahasa yang digunakan masih sesuai dengan kaidah-kaidah atau tata cara berbahasa yang baik. Bahasa Indonesia mempunyai ketentuan-ketentuan didalamnya, baik dalam tata cara penulisan, tata cara menyampaikan, begitupun dalam tanda bacanya seperti titik, koma, tanda tanya, tanda seru, dan lain-lain.
Peranan Bahasa Indonesia yaitu :
·                  Sebagai alat komunikasi
·                  Sebagai alat untuk mengekspresikan diri
·                  Sebagai alat integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu
·                  Sebagai alat untuk melakukan control sosial

2.2  Fungsi Bahasa Indonesia
Fungsi umum bahasa indonesia adalah sebagai alat komunikasi sosial. Bahasa pada dasarnya sudah menyatu dengan kehidupan manusia. Aktivitas manusia sebagai anggota masyarakat sangat bergantung pada penggunaan bahasa masyarakat setempat. Gagasan, ide, pikiran, harapan dan keinginan disampaikan lewat bahasa.

Bahasa Indonesia memiliki fungsi-fungsi yang dimiliki oleh bahasa baku, yaitu :
·          Fungsi Pemersatu, bahasa Indonesia memersatukan suku bangsa yang berlatar budaya dan bahasa yang berbeda-beda.
·          Fungsi Pemberi Kekhasan, bahasa baku memperbedakan bahasa itu dengan bahasa yang lain
·          Fungsi Penambah Kewibawaan, bagi orang yang mahir berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
·          Fungsi Sebagai Kerangka Acuan, bahasa baku merupakan norma dan kaidah yang menjadi tolok ukur yang disepakati bersama untuk menilai ketepatan penggunaan bahasa atau ragam bahasa.






2.3. Kedudukan Bahasa Indonesia

-          Kedudukan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

       Kedudukan pertama bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa persatuan. Hal ini tercantum dalam Sumpah pemuda (28-10-1928). Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai Bahasa Nasional. Kedua adalah sebagai bahasa negara. Dalam kedudukannya sebagai Bahasa Nasional, Bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi

-          Lambang kebanggaan kebangsaan
Bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai luhur yang mendasari perilaku bangsa Indonesia.

-          Lambang Identitas Nasional
Bahasa Indonesia mewakili jatidiri bangsa Indonesia, selain Bahasa Indonesia terdapat pula lambang identitas nasional yang lain yaitu bendera Merah-Putih dan lambang negara Garuda Pancasila.

-          Alat perhubungan
Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka kan sangat sulit berkomunikasi kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan perhubungan nasional.

-          Alat pemersatu bangsa
Mengacu pada keragaman yang ada pada Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya, bahasa Indonesia dijadikan sebagai media yang dapat membuat kesemua elemen masyarakat yang beragam tersebut kedalam sebuah persatuan.

-          Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara

    Bahasa negara sama saja dengan bahasa nasional atau bahasa persatuan artinya bahasa negara merupakan bahasa primer dam baku yang acapkali digunakan pada kesempatan yang formal. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara yaitu :

-          Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan.
Kedudukan pertama dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. Mulai saat itu dipakailah bahasa Indonesia dalam segala upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan maupun tulis.

-          Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.
Kedudukan kedua dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan dari taman kanak-kanak, maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak juga harus berbahasa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan menerjemahkan buku-buku yang berbahasa asing atau menyusunnya sendiri. Cara ini akan sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (iptek).

-          Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan
perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah.
Kedudukan ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam hubungan antar badan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu hendaknya diadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa. Tujuan agar isi atau pesan yang disampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh masyarakat.

-          Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi.
Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Karena sangatlah tidak mungkin bila suatu buku yang menjelaskan tentang suatu kebudayaan daerah, ditulis dengan menggunakan bahasa daerah itu sendiri, dan menyebabkan orang lain belum tentu akan mengerti



BAB III
PENUTUP


3.1. Kesimpulan
Jadi dapat disimpulkan bahwa :
1.      Kedudukan dan fungsi bahasa indonesia dalam pembangunan bangsa yakni sebagai perisai pemersatu yang belum pernah dijadikan sumber permasalahan oleh masyarakat pemakainya yang berasal dari berbagai ragam suku daerah.
2.      Bahasa Indonesia berperan penting dalam pembagunan bangsa karena bahasa indonesia merupakan bahasa resmi kenegaraan yang berperan penting dalam memajukan pembagunan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan yang akhirnya mendorong kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan dalam pembangunan bangsa.
3.2 Saran
Marilah kita bersama-sama menjaga bahasa Indonesia agar menjadi bahasa yang dapat mempersatukan berbagai kelompok masyarakat dengan melakukan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia agar tercapai pemakaian yang cermat, tepat, dan efisien.




DAFTAR PUSTAKA

Mudhofar, M. 2010 Kapita Selekta Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya:
             Pustaka Gama.
Halim,  Amran. 1979. Pembinaan Bahasa Indonesia.  Jakarta: Pusat Pembinaan  
          dan Pengembangan Bahasa.
Kridalaksana,  Harimurti. 1976. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende: Nusa
           Indah.
Sugono, Dendy. 1999. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
Sumowijoyo, G. Susilo. 2001. Pos Jaga Bahasa Indonesia. Surabaya: Unipress
            Unesa.
Tri Wahyu R.N, “Bahasa Indonesia”, Gunadarma.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUJIAN BERORIENTASI OBYEK

Contoh soal Akuntansi Perusahaan Dagang beserta jawabannya

Soal Latihan Subject Verb Agreement